Sunday, May 22, 2011

Arti sebuah kata-kata

                  


     sebagian menganggap bahwa di dalam menulis dan membaca, arti dan makna yang terkandung di dalamnya tertuang jelas di dalam teks yang ditulis. Sebagian lagi menilai bahwa tidak selalu harus demikian, karena arti dan makna sebuah tulisan justru terkandung di balik teks yang ditulis itu sendiri. Yang mana yang benar?! Yang mana yang lebih berarti dan bermanfaat ?! 


   Buat sebagian orang, kata-kata tidaklah penting namun buatku sebuah kalimat yang tersusun dari beberapa kata sangat bermakna dan berharga. Dari kata-kata yang diucapkan seseorang maupun di tulis oleh seseorang pasti ada maksud dan tujuan. Selain itu dari tutur kata seseorang kita bisa mengetahui kualitas serta pribadi seseorang. Terkadang aku melihat sesorang itu dari bahasa dan cara penyampaian sebuah ide yang ada di kepalanya. Walau tak jarang juga sulit sekali menuangkan ide yang ada di kepala kita dengan kata-kata. Sebuah penyampain ide yang tersusun rapi, biasanya aku peroleh dari orang-orang yang suka menulis dan membaca. Bahkan sering aku jumpai juga saat ngobrol dengan orang-orang mengetahui makna sebuah kata, orang tersebut cenderung berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu. Bahkan untuk menyampaikan sebuah protespun, terkadang disampaikan dengan bahasa halus agar tidak menyinggung perasaan orang lain.Sejak berkenalan dengan beberapa penulis di blog, dan berinteraksi dengan mereka lewat email, aku cenderung sangat berhati-hati dalam mengucapkan sebuah kata-kata yang keluar dari tulisan dan tutur kataku. Tidak sekeras dulu jika tidak setuju, walau terkadang masih juga memakai emosi dalam menulis sesuatu.Berulang kali aku menerima teguran dari beberapa orang mengenai tulisanku ataupun cara aku berbicara. Cara menulisku yang terkadang keras, lembut, tidak netral, protes, bersemangat, dan sederhana, membuat beberapa temanku ada yang terusik dan bahkan protes langsung padaku.Masih ingat saja, saat ada teman yang protes dimana dulu aku sering banget pasang status memakai bahasa Perancis. Kesannya sih sederhana, namun ternyata berefek terhadap banyak hal. Ada yang bilang aku sok-sokan lah, ada yang merasa aku ngomongin dia, dan lain-lainnya.Kemudian juga, saat berbicara dengan orang lain. Yang dulunya hobi becanda dan suka mengejek teman tanpa melihat suasana dan tempat, ternyata hal tersebut tidak baik buat kita. Terkadang orang lain yang tidak mengenal kita berfikir bahwa sikap dan tutur kata kita yang tidak baik.Bahkan dulu ada seorang teman yang sangat-sangat menilai seseorang dari susunan kata-kata yang kita tuliskan padanya. Ternyata kata-kata mempunyai banyak makna dan arti ya. Tiap orang punya standar yang berbeda-beda tentunya.

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...