Friday, September 16, 2011

Pengalamanku Mendapatkan Beasiswa ke Maroko

Tulisan ini adalah sekilas tenatang pengalamanku ketika mendapatkan beasiswa ke Maroko. Kebetulan karena saya berangkat ke Maroko lewat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), jadi beasiswa yang saya terima berbeda dengan teman-teman yang berangkat lewat Kemenag. Ada 2 instasi di bawah pemerintahan Maroko yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing. 

Pertama, The Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI), lembaga ini yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang diberangkatkan oleh Kemenag dan terahir Wizarotul Auqof wa as-Syu’un al-Islamiyah, (Kementerian Wakaf dan Urusan keislaman Maroko). Dari lembaga inilah setiap 3 bulan sekali saya menerima beasiswa. Setiap bulannya saya mendapatkan beasiswa sebesar 250 Dirham, sekitar 300 ribu Rupiah perbulan tapi diberikan tiap 3 bulan sekali. 

Sedangkan teman-teman yang berangkat dari Kemenag setiap bulannya mendapatkan beasiswa dari AMCI sebesar 750 Dirham, beasiswa tersebut bisa diambil tiap 2 bulan sekali. 

Sayangnya kerjasama beasiswa tersebut diberikan tiap3 tahun sekali, jadi dari pihak PBNU menerima pendaftaran beasiswa ke Maroko tidak tiap tahun seperti Kemenag yang tiap tahunnya mengirimkan calon mahasiswa baru sebanyak 15 orang.

Untuk bisa kuliah di sini cukup mudah, kalau ingin berangkat lewat Kemenag bisa mendaftar langsung lewat website resminya http://diktis.kemenag.go.id/ atau bisa juga lewat PBNU http://www.nu.or.id/. Tentunya setelah pengumuman pendaftaran mahasiswa baru ke Maroko sudah dibuka. Biasanya pengumuman tersebut keluar pada bulan Mei. Selanjutnya tinggal menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan. Nanti dari pihak perekrutan mahasiswa baru akan menyertakan berkas-berkas yang diperlukan.

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...