Thursday, December 15, 2011

Pengalam Pertama Kali Tinggal di Luar Negeri



Tulisan ini adalah sekilas tentang pengalaman saya ketika pertama kali merasakan suasana tinggal di lunar negeri untuk mencari ridho illahi, menuntut ilmu di negeri nan jauh. tepatnya di negara Maroko di kawasan Afrika Utara.

Awalnya saya merasa sama ketika pertama kali belajar di pesantren, kangen keluarga, saudara dan teman di rumah. Hanya saja di sini lebih terasa perbedaanya. Banyak hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah saya jumpai. 

Pertama, sedikit kesulitan berkomunikasi dengan warga setempat, karena mereka mengunakan bahasa Amiyah (bahasa arab pasaran) bukan bahasa arab fushah. Kedua, kesulitan menguasai bahasa Perancis karena saya kira bahasa Perancis tidak dipelajari jadi saya tidak memilki basic dan persiapan sama sekali. Dalam hal makanan juga butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menyesuaikan diri. Di sini sulit sekali menemukan bumbu-bumbu Nusantara, produk makanan Indonesia pun sulit dijumpai kecuali Indomie, itupun baru tahun kemaren masuk ke pasar Maroko. Mau tidak mau harus mengkonsumsi menu masakan khas Maroko, terlebih ketika mengkonsumsi buah Zaitun yang rasanya sangat menyengat. Jarang sekali mahasiswa yang suka, baru setelah beberapa bulan kemudian bisa bersahabat. Hingga saat inipun saya belum menjumpai restoran Indonesia. Terakhir sedikit kurang nyaman dengan perubahan musim di sini, tiap kali perubahan cuaca dan suhunya terkadang tidak normal efeknya badan terkadang sakit.

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...