Tuesday, December 13, 2011

Tombo Ati


Ada kalanya manusia yang sibuk dengan aktivitas hariannya merasa kebosanan dan merasa mendapat tekanan yang sangat besar. Akibat yang ditimbulkannya dia bisa mengalami stress. Banyak orang yang melakukan tamasya atau mencari hiburan lainnya guna mengatasi kegalauan yang dialami jiwanya. Banyak yang mencari ketenangan jiwa dengan melakukan hal-hal yang malah membuat jiwanya menjadi tidak tentram.
Misalnya, dia melakukan tamasya dia merasa tenang jiwanya jauh dari kejenuhan dan keramaian aktivitas, setelah kembali dari tempat tamasya dan menuju tempat kerjanya lagi dia tertekan dengan aktivitasnya lagi. Jadi tamasya yang dia lakukan rupanya cuma memberikan ketenangan sesaat saja. Lalu apa yang harus dilakukan untuk memperoleh ketentraman sejati?
Berikut ini merupakan gubahan Mbah Sunan Bonang dari Nasehat Imam Ali bin Abi Tolib, semoga dapat menjadi amalan kita semua.
Ada lima obat penentram jiwa :
1. Cinta membaca Al Qur’an dengan menyelami maknanya
2. Sujudkan jiwa raga di tengah sunyi malam
3. Kepada orang sholeh dirimu senantiasa dekatkan
4. Adapun terhadap rasa lapar upayakan bertahan
5. Dan atas keasyikan dzikir jangan pernah bosan

Salah satu saja engkau khusyu’ melakukannya
Insya Allah nasibmu akan dirawat oleh Yang Maha Kuasa

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...