Sunday, August 26, 2012

Universitas Abdelmalek Essaadi


Universitas ini didirikan pada tahun 1989. Ia menjadi universitas terbesar di wilayah utara Maroko. Fakultas-fakultasnya tersebar di tiga kota: Tanger, Tetouan dan Larache. Fakultas Sains, Fakultas Polidisiplin, Fakultas Adab dan Humaniora, dan Sekolah Nasional Ilmu-ilmu Terapan di Tetouan; Fakultas Hukum, Ekonomi dan Sosial, Fakultas Sains dan Teknik, Sekolah Nasional Perdagangan, Sekolah Nasional Ilmu-ilmu Terapan dan Sekolah Tinggi Terjemah “Raja Fahd” di Tanger; dan Fakultas Polidisiplin di Larache.
    Universitas ini memadukan unsur pengajaran dan riset, menyelenggarakan program L-M-D (Licence, Master, Doctorat/S1, S2, S3) dan mengembangkan kerjasama baik di tingkat regional, nasional maupun internasional. Sisi riset mendapat posisi strategis dalam pengembangan universitas dengan 5 sekolah doktoral, 24 laboratorium dan 71 unit penelitian. Sebuah masa depan yang menjanjikan menanti gerak maju Universitas Abdelmalek Essaadi.
    Empat visi yang digagas universitas ini adalah: pertama, perkaderan yang berkelanjutan; kedua, riset ilmiah dan pengembangan hasil-hasilnya; ketiga, pengawinan budaya dan informasi keilmuan; dan keempat, pengembangan kerjasama. Dalam dimensi geografis, universitas ini hendak menjadi ikon keilmuan geliat pembangunan di daerah utara Maroko, terutama di Tanger dan Tetouan.
    Dengan pusat kendali gedung rektorat di Kota Martil, Tetouan, Universitas Abdelmalek Essadi memiliki fasilitas yang tersebar di kota-kota dimana fakultasnya berada dengan fasilitas standar: gedung tempat belajar, perkantoran, perpustakaan dan lapangan olah raga. Kegiatan-kegiatan ilmiah, kebudayaan dan olah raga pun, baik tingkat lokal, regional, maupun internasional diselenggarakan secara bergulir di kampus-kampus tersebut. Bersebelahan dengan gedung rektorat, Universitas Abdelmalek Essaadi juga memiliki asrama mahasiswi di Kota Martil.
 
 
Fakultas Adab dan Humanionara
(Kulliyah al-Adaab wa al-Uluum al-Insaniyah)

    Sebagaimana di perguruan tinggi-perguruan tinggi lain di Maroko, para mahasiwa/i Indonesia terkonsentrasi di jurusan studi Islam –dengan segala program studinya-- dan Sastra Arab, di Universitas Abdelmalek Essaadi pun, para mahasiswa/I Indonesia belajar di dua jurusan tersebut. Dua jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Adab dan Humaniora.
    Fakultas Adab dan Humaniora berlokasi di jalur antara Kota Tetouan dan Martil. Ada 6  jurusan di fakultas ini, yaitu:
•    Bahasa dan Sastra Arab
•    Studi Islam (Dirasaat Islamiyah)
•    Sejarah dan Geografi
•    Bahasa dan Sastra Perancis
•    Bahasa dan Sastra Inggris
•    Bahasa dan Sastra Spanyol
Sedangkan jenjang gelar yang diselenggarakan adalah:
•    Le Certificat Universitaire des Etudes Literaires (CUEL) (strata 1)
•    La Licence es Lettres (strata 1)
•    La Licence Applique (strata 1)
•    Le Diplome d’Etudes Superieures Approfondies (DESA) (strata 2)
•    Le Doctorat es Lettres (strata 3).
Sejak tahun 2002, mahasiswa Indonesia mulai masuk ke fakultas ini. Hingga  saat ini, lulusan Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Abdelmalek Esaadi dari kalangan  mahasiswa/i Indonesia mencakup semua jenjang kesarjanaan (S 1, S2 dan S3). Selain dari Indonesia, mahasiswa-mahasiswa asing juga berasal dari Thailand, Malaysia, negara-negara teluk dan negara-negara di Afrika. Di samping tentu saja, para mahasiwa dari Maroko sendiri.
 Sistem perkuliahan dan lama studi di Universitas Abdelmalek Essaadi mengikuti sistem baru (nidzam jadid) yang berlaku di Maroko dengan lama studi (jika seluruh beban studi diselesaikan tepat waktu): 3 tahun untuk S 1, 2 tahun untuk S 2 dan 3 tahun untuk S 3.
Bahasa pengantar yang dipakai, sebagaimana lazimnya di universitas-universitas di Maroko, adalah Bahasa Arab studi Islam dan Sastra Arab ; Bahasa Perancis untuk Fakultas-fakultas lain semisal Fakultas Sains, Hukum, Ekonomi dan seterusnya. Sedangkan tenaga pengajar di Fakultas Adab dan Humaniora, semuanya sudah bergelar doktor.
Untuk mahasiswa asing, pendaftaran dilakukan melalui jalur kedutaan besar di negara calon mahasiswa untuk selanjutnya diproses sesuai dengan prosedur yang berlaku di Maroko. Pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan satu pintu pendaftaran melalui Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia bagi calon mahasiswa/i di Indonesia yang berminat kuliah di Maroko.
Beberapa alamat penting yang berkaitan dengan Universitas Abdelmalek Essaadi adalah:
•    Rektorat:
President de l’Universite Abdelmalek Essaadi
Rue Moulay el Hassan I
BP : 211 Martil Maroc
Tel : (212) 39 97 93 16
Fax : (212) 39 97 91 51
E-mail: president@uae.ma
•    Fakultas Adab dan Humaniora
BP: 210 Martil 93150 Tetouan Maroc
    Informasi lebih detil bisa didapatkan di situs universitas : www.uae.ac.ma dan situs Fakultas Adab dan Humaniora: www.flt.uae.ac.ma. (dw).

Sumber: PPI Maroko

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...