Sunday, August 26, 2012

UNIVERSITAS HASAN II CASABLANCA, MAROKO

Universitas Hasan II Casablanca berdiri pada tahun 1975 yang terletak di pusat ibukota industri Maroko.
Sejak berdirinya Fakultas Hukum, Ekonomi dan Sosial pada tahun 1975, pengembangan usaha yang telah berkembang, serta didorong oleh urbanisasi dan pertumbuhan populasi yang menghadap kota.
Pada tahun 1974, Fakultas Kedokteran dan Farmasi dibuka dan sejak tahun 1975, Universitas Casablanca menjadi otonom dan nama HIS MAJESTY KING HASSAN II.

Dari tahun akademik 1981, Universitas telah diperkuat oleh penciptaan Fakultas Ilmu dan Humaniora dan Ilmu Sosial, sedangkan pada tahun 1986 Sekolah Nasional Listrik dan Mekanika dan Sekolah Tinggi Teknologi membuka pintunya sehingga memberikan kontribusi dengan sifat multidisiplin Universitas.

Dengan demikian Universitas Hasan II Casablanca memiliki fakultas dan sekolah  yaitu:
Fakultas Fakultas yuridis, Ekonomi dan Sosial (FJESS) terletak di Hay Hassani
Fakultas Farmasi dan Kedokteran (FMP) terletak di Anfa
Fakultas Kedokteran Gigi (PMK) terletak di Anfa
Fakultas Ilmu Seni dan Humaniora (FLSH) terletak di Ain Chock
Nationale Superieure Ecole d `Listrik (ENSEM) terletak di Hay Hassani dan
Mekanika Sekolah Ecole Normale Superieure Teknologi (ENS) terletak di Hay Hassani
    Dengan letaknya yang strategis tersebut Universitas Hasan II Casablanca secara umum memiliki tujuan yaitu mempersiapkan para professional  muda untuk integrasi dalam kehidupan kerja termasuk pengembangan keahlian.
Misi
Dengan mengacu pada pasal 3 undang – undang 01-00 mengenai organisasi pendidikan tinggi misi utama universitas adalah
    Kontribusi penguatan identitas nasional & islam
    Pelatihan awal dan pendidikan berkelanjutan
    Pengembangan dan diseminasi. Pengetahuan/Science & kebudayaan
    Ilmiah dan teknologi penelitian
    Evaluasi & penelitian
    Kontribusi terhadap pengembangan keseluruhan Negara
    Kontribusi dengan mempromosikan nilai – nilai universal


Universitas Hasan II Casablanca Ain Chock (fakultas ilmu seni & humaniora FLSH)

Universitas Hassan II - Casablanca Ain Chock pertama kali membuka pintunya pada tanggal 27 oktober 1981 yang terletak di ibukota industri dan ekonomi diprioritaskan untuk berkontribusi secara efektif bagi pembangunan ekonomi dan sosial dan penyebaran pengetahuan.
Fakultas yang memiliki 4639 mahasiswa ini miliki  berbagai tujuan penting diantaranya untuk melatih para profesional muda untuk membantu pembangunan ekonomi negara. Ini mempersiapkan mahasisiswa untuk berkarir sebagai karya masa depan untuk memenuhi kebutuhan riil kain ekonomi metropolis.
    Fakultas Ilmu Seni dan Humaniora (FLSH) atau juga dikenal dengan fakultas Adab dan Humaniora. Fakultas ini memiliki beberapa jurusan/prodi dan masing – masing memilik 6 semester yaitu
    Dirasat Islamiah
    Bahasa Arab
    Bahasa Inggris
    Bahasa Italia
    Bahasa Spanyol
    Bahasa Jerman
    Bahasa Prancis
    Sejarah & Peradaban
    Geografi & Management

Keaktifan belajar dibagi kedalam dua periode yaitu:
1.    Musim gugur/fall yang dimulai dari bulan 10 untuk semester 1, 3, & 5
2.    Musim semi/spring yang di mulai bulan 3 untuk semester 2, 4, & 6
Khusus untuk prodi/jurusan Dirasat Islamiah & Bahasa Arab Universitas Hasan II Ain Chock Casablanca menyediakan 6 Mudarraj(aula) yang lumayan luas untuk belajar dan untuk yang lainya menggunakan ruangan belajar biasa.


Kerjasama

Universitas Hasan II Ain Chock Casablanca telah menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas diluar Maroko diantaranya:

     Universitas Djilali Liab Sidi Ben Abbes Aljazair
     Universitas Barat, perjanjian Kemitraan Inggris dengan University `s Kesehatan dan Hukum Lille 2
    Termasuk juga dengan salah satu Universitas yang ada di Indonesia yaitu UNJ( Universitas Jakarta) dengan di tandatangani MoU pada tanggal 18 April 2011.

Jamiat Peta

Jamiat peta adalah kartu pengenal mahasiswa. Semua mahasiswa yang terdaftar di Universitas Hasan II Ain chock Casablanca akan memiliki kartu pengenal tersebut. Sebagai bagian dari modernisasi universitas, Universitas Hassan II meluncurkan dalam kemitraan dengan bank yayasan Attijariwafa, kartu serbaguna pertama: Jamiat peta. Hal ini ditujukan untuk mahasiswa dan semua fakultas dan coprs administrasi Universitas.

Proyek ini dilaksanakan dengan bantuan teknis dari kelompok perbankan Santander Spanyol, yang telah membantu untuk menyebarkan proyek di 13 negara. Saat ini 147 universitas di produksi di seluruh dunia.

Kartu Identifikasi dan akses ke berbagai tempat Universitas, kartu Jamiat juga akan mengelola perpustakaan pinjaman, melihat dan mengedit nilai ujian, sertifikat mencetak mahasiswa, lihat informasi akademik dan acara yang diselenggarakan oleh universitas.

Selanjutnya, kartu tersebut juga akan melakukan fungsi tas isi ulang elektronik nyata.
Ini dapat digunakan untuk biaya dalam universitas (termasuk fotokopi, restoran, distributor kopi.
Para pemegang kartu juga akan menerima manfaat, dinegosiasikan oleh bank Attijariwafa dengan jaringan pengecer, pusat hiburan, restoran.

Universitas Hassan II di Casablanca terpilih sebagai situs percontohan sebelum generalisasi konsep ini untuk semua universitas di Maroko.

Asrama Mahasiswa

Universitas Hasan II Casablanca menyediakan asrama bagi mahasiswanya yang berasal dari luar kota. Semua mahasiswa yang terdaftar diberbagai fakultas Universitas Hasan II bisa menempati asrama tersebut dengan persyaratan tertentu yang ditetukan oleh pihak asrama. Bahkan bagi mahasiswa asing juga bisa menempati asrama tersebut.

Asrama yang terletak di Ben Msik salah satu daerah yang terletak di kota Casablanca tersebut membuat mahsiswa harus menggunakan transportasi umum bus untuk menuju ke fakultasnya masing – masing, karena letaknya yang lumayan jauh dari fakultas mereka. Namun dengan adanya kerjasama antara pihak kampus dan pelayanan transportasi umum, memungkinkan untuk mahasiswa menggunakan La Carte (Card) khusus untuk transportasi yang dapat dibuat di kampus atau fakultas masing – masing.


Transportasi

    Berbagai lembaga dari Universitas Hassan II Casablanca-dilayani oleh jalur bus, salah satunya adalah fakultas Adab dan Humainora yang terletak di Ain Chock ini. Dengan line nomor bus sebagai berikut :
1)    4
2)    60
3)    81
4)    44
5)    63
6)    68
7)    105
8)    143
9)    700
Inilah line nomor bus yang bisa di tempuh oleh mahasiswa yang belajar di Fakultas adab & humaniora Ain Chock Casablanca.
 Sumber: PPI Maroko

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...