Sunday, August 26, 2012

Universitas Ibn Tofail – Kenitra

 
I.  Sejarah Universitas
Universitas dengan nama Ibn Tofail ini didirikan pada tahun 1989. Berlokasi di kawasan Chrarda Barat (Gharb Chrarda) - Beni Hssen, tepatnya di sebelah tenggara kota Kenitra, universitas Ibn Tofail berbatasan langsung dengan hutan Maamora.

Pada tahun 1985 sebenarnya telah berdiri dua fakultas di kota Kenitra, yaitu fakultas Adab (Sastra) & Humaniora serta fakultas Sains. Namun kedua fakultas tersebut masih berafiliasi kepada universitas Mohamed V Rabat.

Pada perkembangan selanjutnya, kedua fakultas tersebut melepaskan afiliasinya dari universitas Mohamed V Rabat dan kemudian menjadi cikal bakal berdirinya universitas Ibn Tofail yang mandiri.

II.            Struktur Universitas
Universitas Ibn Tofail membawahi tiga fakultas dan dua institut:

1.      Fakultas Sains;
                    i.      jurusan Matematika & Informatika
                  ii.      jurusan Matematika Terapan
                iii.      jurusan Fisika
                 iv.      jurusan Kimia
                   v.      jurusan Biologi
                 vi.      jurusan Geologi
2.      Fakultas Sastra & Humaniora;
                    i.      jurusan Bahasa & Sastra Perancis
                  ii.      jurusan Bahasa & Sastra Inggris
                iii.      jurusan Bahasa & Sastra Arab
                 iv.      jurusan Studi Islam
                   v.      jurusan Sejarah & Kebudayan
                 vi.      jurusan Geografi
               vii.      jurusan Sosiologi
             viii.      jurusan Filsafat
3.      Fakultas Hukum, Ekonomi & Sosial
4.      Institut Manajemen & Marketing Nasional
5.      Institut Sains Terapan Nasional
Sesuai data statistik yang tertera pada situs Ibn Tofail, universitas seluas 38 hektar ini memiliki mahasiswa sejumlah 11.884 orang, didukung sejumlah 388 dosen serta 270 orang pegawai administrasi, staf ahli dan tekhnisi.


III.            Sistem Pendidikan (Pedagogia)
Terhitung sejak tahun ajaran 2006-2007, Universitas Ibn Tofail mulai menerapkan sistem pendidikan baru yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Tinggi Kerajaan Maroko. Dalam sistem baru ini, terdapat beberapa perubahan mendasar yang diantaranya mencakup masa pendidikan dan sistem pedagogia.

Pada sistem pendidikan baru ini misalnya, kurun waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan jenjang Licence (S1) hanya membutuhkan tiga tahun dari yang awalnya membutuhkan empat tahun ajaran.

Jenjang
Jumlah Tahun Ajaran
Jumlah Semester
Licence (S1)
Tiga (3) tahun
Enam (6) semester
Master (S2)
Dua (2) tahun
Empat (4) semester
Doktoral (S3)
Tiga (3) tahun
-

A.      Semester (الفصل)
Setiap tahun ajaran terdiri atas dua semester; semester ganjil (musim gugur) dan semester genap (musim semi). Mahasiswa belajar selama 16 minggu dalam setiap semester.

Dalam kurun waktu satu semester itu pula setiap mahasiswa mengikuti empat modul (الوحدة) dengan total jam perkuliahan sedikitnya 360 jam.

B.      Modul Perkuliahan (الوحدة)
Setiap modul perkuliahan terdiri dari satu hingga empat materi, yang disampaikan dalam satu bahasa pengantar atau lebih.

Setiap materi modul perkuliahan tersebut adalah materi-materi baik yang berbentuk mata kuliah, praktek kerja lapangan maupun proses bimbingan kuliah.

C.      Pendaftaran dan Pendaftaran Ulang
Untuk calon mahasiswa baru non-Maroko, segala persyaratan dikirim kepada pihak universitas melalui pihak AMCI (Agence Marocaine de Coorporation Internationale). Resminya berkas-berkas pendaftaran tersebut diterima oleh pihak universitas Ibn Tofail selambatnya akhir bulan September setiap tahun. Tahap selanjutnya adalah seleksi dan penentuan calon-calon yang lulus seleksi dan atau yang harus menjalani seleksi lanjutan dan psikotes (untuk Master dan Doktoral).

Setelah resmi terdaftar, mahasiswa jenjang Licence dan Master masih melakukan pendaftaran ulang yang dilakukan setiap awal semester.


D.     Ujian, Sistem Penilaian & Kelulusan
Sistem penilaian untuk mahasiswa jenjang Licence dan Master menggunakan penilaian akumulatif yang ditentukan oleh beberapa unsur:
1.      Kehadiran
2.      Keaktifan dan partisipasi dalam membuat dan  mempresentasikan paper (untuk Licence dan Master)
3.      Testing “المراقبة المستمرة (untuk Licence)
4.      Ujian akhir semester.

Beberapa hal yang perlu diketahui seputar sistem penilaian ujian akhir semester;
  1. Sistem penilaian setiap modul didapatkan dari jumlah keseluruhan nilai mata kuliah dalam modul tersebut, kemudian dirata-ratakan.
  2. Untuk dinyatakan lulus dalam sebuah modul, seorang mahasiswa harus mendapatkan rata-rata nilai minimal 10/20 untuk modul tersebut.
  3. Untuk mendapatkan kelulusan pada semester tertentu, sang mahasiswa harus lulus dalam keempat modul dalam semester tersebut, dengan nilai rata-rata minimal 10/20 dari keseluruhan nilai empat modul tadi.
  4. Setelah ujian akhir semester putaran pertama (الدورة الأولى) disediakan kesempatan untuk mengikuti ujian ulang/susulan (الدورة الإستدراكية) bagi mahasiswa yang belum mencapai standar nilai minimal pada ujian putaran pertama.
  5. Jika setelah mengikuti ujian ulang/susulan mahasiswa masih gagal memenuhi standar nilai minimal dalam satu atau beberapa modul, maka ia akan mengulangi seluruh mata kuliah dalam modul yang tidak lulus tadi pada tahun berikutnya dengan menyesuaikan semester ganjil atau genapnya.

IV.            Sarana & Prasarana Universitas
Universitas Ibn Tofail dengan sekian fakultas dan jurusannya memiliki sarana dan infrastrukur yang lengkap, memadai dan tergolong moderen.

A.      Gedung Rektorat dan Kantor

Gedung Rektorat universitas Ibn Tofail terletak di antara fakultas Sains dan fakultas Sastra & Humaniora. Pada setiap fakultas terdapat komplek perkantoran terdiri dari kantor Dekan beserta jajarannya, kantor dosen dan kantor administrasi mahasiswa.


B.      Ruang Belajar dan Laboratorium
Untuk fakultas Sastra & Humaniora terdapat empat (4) ruangan auditorium (المدرج) dengan kapasitas masing-masing 416 mahasiswa, tujuh (7) ruang belajar (القاعة) ukuran besar dengan kapasitas 140 orang, serta 16 ruang belajar ukuran sedang, masing-masing menampung 70 mahasiswa.

Sebagai penunjang proses pendidikan para mahasiswa di fakultas ini, telah disediakan beberapa gedung dengan perangkat teknologi; tiga (3) buah laboratorium bahasa lengkap dengan perangkat audio-visual, empat (4) buah laboratorium komputer masing-masing berisi 40 buah PC, serta ruangan bagi para dosen dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan khusus dosen dan beberapa perangkat PC dengan koneksi internet.

Adapun fakultas Sains memiliki lebih banyak ruangan, gedung dan laboratorium penunjang riset bagi para mahasiswanya. Hal ini sangatlah wajar mengingat jurusan dan materi kuliah pada fakultas ini lebih bersifat aplikatif, sehingga membutuhkan lebih banyak sarana gedung penunjang penelitian.

C.      Perpustakaan
Perpustakaan bagi sebuah institusi pendidikan merupakan elemen penunjang yang paling penting. Mengingat urgensi perpustakaan, universitas Ibn Tofail memiliki tiga buah perpustakaan.

1.      Perpustakaan Ibn Tofail
Perpustakaan yang berdiri sejak tahun ajaran 2004-2005 ini merupakan perpustakaan utama bagi universitas Ibn Tofail. Terletak di kawasan fakultas Sastra & Humaniora, perpustakaan seluas 2.000 m2 ini telah direnovasi dan dimoderenisasi selama tahun ajaran 2006-2007.

Dengan kapasitas sekitar 500 bangku dalam dua lantai bangunan, perpustakaan Ibn Tofail terbagi kepada enam bagian:
·         divisi Literatur, Linguistik dan Humaniora (100 bangku)
·         divisi Sejarah, Geografi dan Studi Islam (96 bangku)
·         divisi Hukum dan  Ekonomi (84 bangku)
·         divisi Sains dan Teknologi (100 bangku)
·         divisi Ensiklopedi dan Buletin (12 bangku)
·         ruang eksebisi, pertemuan dan konferensi

Pada level manajemen tersedia sebuah sistem yang sepenuhnya komputerisasi. Untuk mencari informasi perbendaharaan perpustakaan, mahasiswa dapat mengakses katalog online perpustakaan pada alamat: http://biblio.univ-ibntofail.ac.ma/pmb/. Halaman catalog online ini adalah sub-domain dari situs utama universitas Ibn Tofail: http://www.univ-ibntofail.ac.ma/.

2.      Perpustakaan Fakultas Sains
Terletak di kawasan fakultas Sains, perpustakaan ini berkapasitas maksimal 80 bangku dengan komposisi buku dan literatur seputar ilmu Sains dasar.

3.      Perpustakaan Institut Manajemen & Marketing Nasional
Perpustakaan yang terletak dalam kawasan Institut Manajemen & Marketing Nasional ini hanya memiliki kapasitas bangku sejumlah 30. Adapun komposisi buku didalamnya terdiri dari literatur ilmu hukum, ekonomi dan sosial.

D.     Kafetaria
Terdapat dua buah kafetaria yang masing-masing terletak di fakultas Sastra & Humaniora dan di fakultas Sains. Para mahasiswa yang sedang beristirahat maupun yang menunggu jadwal kuliah mata pelajarannya bisa memesan aneka minuman dan makanan ringan di tempat tersebut.

Bagi yang memiliki jadwal kuliah padat sehingga tidak memungkinkan untuk makan siang di rumahnya masing-masing, dapat mengganjal perutnya dengan memesan sandwich dan makanan sejenisnya.

E.      Asrama Mahasiswa
Terdapat dua buah asrama untuk mahasiswa di kota kenitra:
1.      Asrama Mahasiswa Maamora
Asrama yang baru didirikan pada tahun 2005 ini dimiliki oleh pihak swasta. Berlokasi di depan pintu masuk bagian belakang fakultas Sastra dan Humaniora, asrama ini mampu menampung sejumlah 2.000 mahasiswa yang berminat tinggal disana. Di dalamnya tersedia sebuah lapangan futsal dan lapangan voli. Adapun fasilitas kafetaria dan warnet masih dalam tahap pembangunan.

Dengan kapasitas dua orang untuk setiap kamarnya, ranjang, kursi dan meja belajar serta lemari pakaian, asrama ini lebih cocok dan kondusif bagi mahasiswa yang membutuhkan konsentrasi dan privasi serta dekat dengan universitas.

Tersedia sebuah dapur umum, wc dan kamar mandi umum dilengkapi air panas dalam setiap tingkat/lantainya. Tidak dibatasi penggunaan air dan listrik untuk para penghuni asrama ini. Namun semua hal ini berkonsekwensi pada iuran bulanan yang lebih mahal dibandingkan dengan iuran pada asrama negeri lainnya.

2.      Asrama Mahasiswa Kenitra
Merupakan asrama negeri, asrama ini telah berdiri sejak tahun 1989. Letak asrama ini agak jauh dari universitas, tepatnya berlokasi di kawasan Hay Saknia. Namun untuk transportasi tersedia bus dengan jurusan khusus asrama negeri Kenitra – universitas. Dengan jadwal operasi mulai dari jam 7.30 pagi hingga jam 18.00 sore, bus khusus mahasiswa ini hanya bertarif satu (1) dirham.

Asrama negeri ini hampir seluruhnya berisikan mahasiswa dan mahasiswi Maroko, dengan presentasi sekitar 75 persen mahasiswi dan 25 persen mahasiswa. Adapun mahasiswa asing yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar lima (5) orang mahasiswa dari berbagai negara, dan dibatasi kepada mereka yang sedang menjalani tahun akhir kuliahnya.

Untuk kamar tersedia tiga jenis, masing-masing berukuran sedang (4 orang), ukuran sedang (3 orang) dan ukuran kecil (2 orang). Kondisi kamar, dapur, wc dan kamar mandi dalam asrama ini tidak sebaik kamar pada asrama swasta Maamora. Namun taman-taman di antara tiap gedung asrama ini sangat teduh dan asri.

Fasilitas penunjang yang tersedia di dalam asrama ini antara lain adalah kafetaria, ruang membaca dengan literatur dan referensi buku seadanya serta lapangan olahraga (futsal, voli, basket dan tenis meja).


V.            Kegiatan Ekstra Kulikuler
Disamping menjalani rutinitas kuliah dan belajar, mahasiswa universitas Ibn Tofail diberi kesempatan seluas-luasnya untuk beraktivitas di bidang olah raga, seni dan pengembangan bakat. Selagi tidak mengganggu jadwal dan aktivitas kuliah, masing-masing mahasiswa bebas untuk berafiliasi kepada salah satu cabang yang diminatinya.

Berikut ini beberapa kegiatan ekstra kulikuler yang terdapat di universitas Ibn Tofail;

A. Kegiatan Olah Raga
  • Sepak bola
  • Bola basket
  • Bola tangan (hand ball)
  • Bola voli
  • Futsal
  • Rugbi
  • Voli pantai
  • Binaraga
  • Cross Country
  • Aerobik
  • Tenis meja

B. Kegiatan Seni
  • Fotografi
  • Video dan Sinematografi
  • Kaligrafi
  • Drama dan Teater
  • Musik dan Paduan suara
  • Seni lukis
  • Kerajinan tangan


VI.            Alamat Penting dan Contact Persons
A.      Universitas Ibn Tofail
1.      Rektor Universitas Ibn Tofail: Pr. Mohammed ESSAOURI
Alamat: Président de l’Université Ibn Tofail , BP 242, Kénitra
Télp: 037 32 92 00, Fax: 037 37 40 52: Email: ruitk@iam.net.ma
2.      Dekan Fakultas Sastra & Humaniora: Pr. Abdelaziz AINOUZ
Alamat: Doyen de Faculté des Lettres et des Sciences Humaines, Ibn Tofail University, BP 401, Kénitra
Télp: 037 32 96 00, Fax: 037 32 96 41
3.      Dekan Fakultas Sains: Pr. Mohammed BOUSETTA
Alamat: Doyen de Faculté des Sciences, Ibn Tofail University, BP 133, Kénitra

B.      Asrama Mahasiswa
1.      Résidence Universitaire Maamora (privée), Campus Universitaire - Kénitra
Directrice: Mme. Assia ALLALI, Télp: 037 36 37 71, Fax: 037 36 37 71
2.      Cité Universitaire de Kénitra, BP 232 – Kénitra
Directeur: El Mostapha HAJLI, Télp: 037 38 69 37, Fax: 037 38 01 31.
 
* mursalin *
Sumber: PPI Maroko

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...