Wednesday, January 9, 2013

Keberangkatan Mahasiswa STAINU Jakarta Terhambat di Bandara Mohammad V, Casablanca.

 

Setelah mengikuti acara perpisahan di KBRI Rabat, tepat pukul 10.45 mahasiswa STAINU Jakarta yang baru saja menyelesaikan program Kelas Internasional di Universitas Ibn. Thufail, Kenitra Maroko menuju bandara Mohammad V, Casablanca. Perjalanan mereka ditemani oleh sejumlah pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko dan Pengurus Cabang Istimewa Nhdlatul Ulama (PCINU) Maroko.


Sekitar pukul 12.00 waktu setempat mereka tiba bandara dan langsung bergegas menuju tempat chek in, namun karena banyaknya kitab-kita karangan ulama Maroko yang mereka bawa sehingga mengalami over wight sampai 38 kg dari hasil penimbangan barang secara kolektif. 

Hal inilah yang membuat mereka terlihat panik dan sedikit terhambat di bandara, setelah mengurangi sebagian barang bawaannya mereka terlihat lega karena semua barang sudah masuk kebagasi. Tapi, ada hal lain yang menyebabkan mereka tercekam kepanikan dan terhambat kembali. Karena, barang bawaan mereka yang di tenteng ternyata harus dikilo terlebih dahulu dan tidak diperbolehkan melebihi kapasitas 10 kg. 

Melihat hal ini H. Alvian Iqbal Zahasvan, SSI, Lc selaku Rais Syuriah PCINU Maroko ditemani H. Ali Syahbana, Lc selaku Wakil Tanfidziyah PCINU Maroko langsung mendatangi petugas dan mencoba melobi mereka agar barang-barang mereka tetap masuk mengingat banyaknya para mahaiswa yang menenteng barang bawaannya lebih dari 10 kg.

Setelah melakukan proses panjang, akhirnya 3 menit sebelum chek in ditutup 21 mahasiswa STAINU Jakarta bisa masuk  dengan membawa barang tentengannya meski lebih dari kapasistas yang telah ditentukan. Sebagian kitab-kitab yang tertinggal rencana akan dikirim lewat paket. 

Air mata perpisahan kala itu tidak bisa terbendung, semuanya menangis dan haru, “ Selamat jalan kawan-kawanku semua, semoga selamat sampai tujuan dan tidak ada kendala lagi selama perjalanan” Ucap Kusnadi El-Ghezwa selaku Koordinator Lajnah Ta’lif wa Nasyr PCINU Maroko yang terus meliput kegiatan mereka selama di Maroko.

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...