Sunday, June 9, 2013

Gedung KJRI Jeddah Kebakaran


JEDDAH, Berita HUKUM – Gedung Kantor Konsulat Jenderal RI di Jeddah Saudi Arabia, yang berada di jalan Al Rehab Distrik terbakar. Diduga dibakar, aksi pembakaran ini dipicu amuk massa yang mayoritas diduga merupakan para TKI Ilegal, Minggu (9/6) Sore, sekitar 18.40 waktu Jeddah.

Ribuan massa yang diduga mayoritas merupakan para TKI ilegal ini mendatangi gedung guna mengurus Surat Perjalanan Laksana Paspor atau SPLP. Surat yang merupakan syarat untuk mendapatkan Paspor dan izin kerja tinggal atau identitas diri yang kerap disebut Iqoma. 

Namun dugaan karena banyaknya massa dan suhu panas yang terik menyebabkan massa tidak dapat mengendalikan diri, hingga menyulut kerusuhan berujung pada pembakaran gedung KJRI. Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan resmi dari pihak KJRI, namun video yang diunduh dari sejumlah TKI yang berada ditempat kejadian mempertegas adanya kejadian. 

“KJRI Jedah Saudi Arabia di demo oleh ribuan tenaga kerja baik TKI dan tenaga kerja Wanita, melakukan aksi melempari batu, kayu, dan sebagian ada yang mencoba memanjat tembok Gedung KJRI Jedah, “ ujar salah Afni seorang buruh migran wanita melalui telepon seluler.

Akibat dari kejadian ini, salah seorang dari TKW di laporkan tewas, akibat dehadrasi, aksi ini bermula permintaan buruh migran, karna sulitnya mengurus kepulangan ke tanah air, masa sebagian besar di duga merupakan buruh kerja migran ilegal.

Awal dari kerusuhan di Gedung KJRI Jedah sebelum sempat dibakar massa menurut keterangan saksi M.Boy. Diduga penyebab kebakaran, karena massa marah melihat petugas KJRI menendang para TKW/ibu-ibu yang jatuh pingsan akibat kepanasan, hingga memicu aksi pembakaran.

“Saat ini 1 TKW dipastikan meninggal akibat dehidrasi. Diduga massa membakar gedung karena sulitnya mengurus kepulangan ke tanah air, massa sebagian besar adalah TKI ilegal,” ujar salah seorang TKI asal indonesia pada BeritaHUKUM. com. 

Hingga berita ini di turunkan belum ada jawaban dari Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) hanya di jawab mensin penjawab telepon otomatis, terkait peristiwa ini, begitu juga dengan Kementerian Tenaga Kerja belum dapat di konfirmasi.(bhc/put)

Sumber: Berita Hukum

1 comment:

  1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    ReplyDelete

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...