Wednesday, November 6, 2013

Andai Saja..

Pernah ku baca buku-buku sejarah tentang negeri Indonesia. Ternyata negeri ini bukanlah sebuah negeri yang cengeng. Negeri ini berisi orang-orang tangguh. Tak hanya tangguh, negeri ini juga sarangnya orang pintar. Kemerdekaan saja, direbut dengan jalur diplomasi dan jalur fisik. Jika ku baca lagi, ternyata orang-orang muda adalah para perintis kemerdekaan itu, luar biasa! Banyak yang bilang kalau negeri ini, negeri yang tertinggal. Ah..aku pesimis akan pendapat itu. Negeriku pernah membuat pesawat terbang! Setiap hari kudengar delegasi-delegasi pelajar Indonesia, memenangkan berbagai macam perhelatan kompetensi bergengsi di level internasional.

Banyak orang yang bilang kalau negeri ini negeri pemalas. Sekali lagi, aku tidak sependapat. Coba tengok ke pasar-pasar tradisional saat shubuh menjelang, bahkan saat tengah malam! Geliat aktivitas ekonomi ini sudah dimulai saat orang-orang lain  masih terlelap dalam tidurnya. Banyak juga yang bilang kalau negeriku, negeri yang mudah tercerai berai. Oalaah..coba tengok sejarah lagi. Apakah sumpah pemuda tahun 1928 itu bukan sebuah bukti bahwa negeri ini sangat bersatu? Tidakkah terlihat bahwa pemuda-pemuda di negeri ini sangat bangga menjadi anak negeri ini?

Aku yakin bahwa di sudut-sudut negeri ini, masih banyak pemuda-pemuda yang sepikiran denganku. Pemuda-pemuda yang menolak negerinya terus dicap sebagai negeri yang cengeng, tertinggal, pemalas ataupun negeri yang rapuh. Ah..andai saja aku diberi kesempatan untuk bertemu dengan pemuda-pemuda berkarakter itu, mungkin akan ada sesuatu yang tercipta untuk bangsaku. Pasti!

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...