Monday, December 9, 2013

Menjelajahi Istana Lumpur di Ouarzazat

Maroko, walaupun letaknya berada di benua Afrika, alamnya tak jauh berbeda dengan wilayah Asia yang subur, hijau dan terdapat pengairan dimana-mana. Sehingga tak jarang pelancong dari manca Negara tercengang melihat kesuburan tanah Maroko yang dipenuhi dengan pepohonan dan penghijauan disegenap wilayah.

Berbicara tentang Maroko maka pertamakali yang terlintas dalam benaku adalah bangunan-bangunan kuno nya yang masih berdiri kokoh dan benteng-bentengnya yang masih terjaga rapi hingga sekarang. Yang terahir adalah keeksotisannya. Yah, Maroko terkenal dengan Negara eksotis. Jika anda ingin berwisata ke Maroko maka jangan lewatkan untuk menjelajahi daerah kawasan selatan Maroko.

Berwisata ke destinasi Selatan Maroko memang menyenangkan. Biasanya para pelancong memulai perjalanannya dari kota Marrakech atau yang terkenal dengan kota Merah. Dari situ banyak sekali jasa travel yang siap membawa anda menuju kota wisata kawasan selatan Maroko. Tepatnya di Sahara, Ouarzazat dan kota-kota indah dan mungil lainnya.


Tetapi jika anda ingin melihat keajaiban istana lumpur maka datanglah ke Ouarzazat. Ternyata di Ouarzazat banyak sekali obyek wisata yang sarat dengan nilai sejarah dan kaya arsitektur. Tidak hanya itu, keindahan alamnya juga memukau karena banyak pepohonan rindang dan air sejuk yang mengalir dari pegunungan menjadikan kota sebelah timur selatan Marrakech  ini sebagai kota yang tenang. Sesuai arti namanya, Ouarzazat dalam bahasa Berber berarti ‘’tanpa suara’’ atau ‘’tanpa kebingungan’’. Meski kota ini terbilang kecil karena penduduknya tidak lebih dari 100.000 orang ,namun demikan Ouarzazat bisa dianggap sebagai kota besar di Sahara Maroko.

Dikota ini kita bisa melihat lebih dekat keindahan rumah khas tradisional Maroko selatan yang terbuat dari lumpur dan dipagari dinding yang terbuat dari bahan yang sama. Ketika melewati lorong-lorong istana tersebut spontan pikiran kita dibawa terbang, seolah kita sedang hidup pada zaman dahulu dimana belum ada semen dan pasir. Bukan hanya itu, kita juga bisa bermain petak umpet didalamnya. Ketika berada diatas istana kita akan menemukan pemandangan yang sangat menakjubkan. Disini biasanya para pelancong mengabadikan perjalannya dengan mengguakan kamera setelah menjelajahi istana tersebut mulai dari bawah, samping hingga keatas.

Kerumunan istana lumpur ini diberi nama Ait Ben Haddu. Dimana pada tahun 1987 istana lumpur yang berada di kota Ourzazat ini mengundang UNESCO untuk menjadikannya sebagai situs warisan dunia.

Tidak banyak yang menetap ditempat ini, hanya terlihat beberapa penjual pakain tradisonal dan barang-barang unik khas Maroko. Para pelancong akan mendapatkan informasi mengenai bangunan istana tersebut dan informasi menarik lainnya seputar Maroko jika didampingi oleh guide. Biasanya setelah selesai mengantar perjalanan sang guide meminta upah perkepala 20 dirham.


Selain suasana kotanya yang menarik, jika wisatawan mengambil jalur dari arah Marrakech, beberapa kilo meter sebelum masuk kota akan dikenalkan dengan studio besar kebanggaan Ouarzazat dan tentunya Maroko. CLA Studio Ouarzazat, tempat beberapa film hollywood di produksi yang di antaranya, Gladiator, The Black Hawk Down, Kingdom of Heaven, Tea in The Sahara, Troy, Sahara, Alexander The Great, Hidalgo, dan Mummy I dan II.

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...