Tuesday, September 16, 2014

Istana Bahia - Marrakech.

Bila anda gemar mengunjungi situs situ bersejarah peninggalan kekhalifahan islam dan berbagai tempat wisata serta hiburan, mungkin perlu mempertimbangkan untuk berkunjung ke Maroko sebagai daftar wisata liburan anda. Belakangan ini, Maroko menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di dunia. Hal ini karena ternyata Maroko memilki beragam jenis tempat wisata yang eksotis dan menawan.

Salah satu kota terpoluer yang menjadi  destinasi utama di Maroko adalah kota Marrakech. Kota ini dibangun pada 1062 M oleh Yususf bin Tasyfin atau Ibnu Tasyfin dari Dinasti Murabitun. Dinasti ini menguasai Maroko setelah kekuasaan Dinasti Fatimiah di negeri itu tumbang.

Dikota ini terdapat bangunan bangunan kuno yang masih terawat rapi dan istana peninggalan dinasti masa silam. Secara umum, fisik bangunan yang terdapat di Maroko masih tertinggal jauh dibanding negara arab lainnya. Namun, dibalik bangunan-bangunan kuno tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara khususnya dari Eropa. Tak heran jika jumlah wisatawan asing di kota marrakech tiap tahunnya meningkat.

Sebut saja istana Bahia, istana ini dibangun sekitar ahir abad ke-19, yakni antara 1894 dan 1900 atas perintah perdana menteri kesultanan saat itu, Si Moussa. Pembangunannya dimaksudkan utuk menjadi istana terbesar pada masanya. Dinamakan Bahia karena istana tersebut diperuntukan bagi salah seorang permaisuri yang bernama Bahia. Dari keempat istri raja, Bahia adalah yang paling disayang sang raja karena melahirkan anak laki-laki pertama.

Bangunan megah yang memilki 160 kamar ini merupakan hasil karya arsitek Muhammad Al-Mekki dari Marrakech yang berdiri kokoh diatas lahan selua 8.000 meter persegi. Meskipun gaya art deco pada saat Maroko menjadi negara proktektorat sangat digandrungi namun sang arsitek sengaja mengadaptasi semua elemen yang digunakan dari arsitektur Istana Nasrid di Spanyol yang dilebur menjadi arsitektur Maroko.

 Untuk menambah keindahan arsitekturnya, pada bagian ruang tengah selalu terdapat kolam pancuran dengan udara terbuka yang menjadi ciri khas bangunan Maroko. Dibagaian taman dilengkapi dengan berbagai macam tanaman seperti jeruk, anggur dan pisang. Dikomplek istana juga terdapat taman kecil yang difungsikan sebagai tempat bermain dan beristirahat keluarga raja.

Bangunan yang kaya akan berbagai macam unsur arsitektur ini menjadikan istana Bahia tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan, karena keunikan arsitektur yang dimilikinya, istana ini pernah digunakan sebagai tempat kediaman resmi Louis Lyautey, seorang Jenderal Perancis yang memimpin pasukan di Maroko pada era kolonial. Kini, marrakech menjadi salah satu kota budaya yang dilindungi oleh UNESCO.




1 comment:

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...