Sunday, June 18, 2017

Karpet Berber Maroko


Ada banyak hal menarik dan unik yang bisa di temukan di Maroko. Seperti daerah yang terdapat di kawasan selatan Maroko, disinilah mayoritas warga asli Maroko (BERBER) menetap. Mata pencaharian mereka selain berkebun kurma yaitu membuat karpet khas berber dengan cara tradisional. Pekerjaan tersebut merupakan peninggalan nenek moyang dan para leluhur mereka yang sampai sekarang terus terjaga dan dilestarikan.

Maroko merupkan negara Afrika Utara yang memiliki populasi Berber terbesar dan merupakan salah satu produksi karpet Berber yang paling produktif saat ini. Dengan di pandu seorang guide, pengunjung diantar menuju salah satu rumah penduduk berber yang didalamnya terdapat tempat produksi tenun berber.

Ketika sampai di tujuan, kemduian pengunjung dipersilahakn berkumpul didalam satu ruangan. Sang penjual karpet dengan pakain khas berber, mulai menjelaskan mengenai bahan dasar yang digunakan serta motif dan pilihan warna yang menarik. Melihat karpet berber Maroko terasa seperti melihat karpet seabad silam yang lalu.

Karpet yang dibuat oleh suku Berber yang hidup di wilayah Pegunungan Atlas bentuknya lebih tebal dan berat, sedangkan karpet yang dibuat oleh suku berber yang tinggal di padang pasir lebih ringan dan datar. Karpet tersebut bisa untuk penghias dinding ruangan, lantai, penutup meja, alas kaki, sajadah dan penutup tempat tidur.

Suku Berber Selatan seperti yang ada di wilayah “Dades Gorges” ini, dianggap memiliki tenun paling bagus kualitasnya. Karpet berber dari daerah ini dibuat dengan anyaman datar dan campuran tekstil yang berbeda untuk menciptakan desain, pola, dan tekstur yang unik. Anda akan menemukan beberapa pola dan desain yang digunakan pada permadani berber vintage.

Ada penenun yang membuat desain yang menggambarkan salib, pelega tenggorokan, segitiga dan bentuk sederhana seperti berlian. Warna karpet tradisional mulai dari warna merah,  putih, coklat dan nuansa hitam muda.

Wal digunakan sebagai bahan dasarnya, sedangkan Saffron digunakan untuk membuat warna kuning, henna digunakan untuk membuat warna merah. Biru diciptakan dari nila dan hijau didapat dari mint liar. Untuk harga tergantung bahan, ukuran dan proses pembuatannya.


By : Kusnadi El Ghezwa


No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...