Monday, September 11, 2017

CTM, transportasi paling nyaman di Maroko


Maroko menyediakan beragam jenis transportasi khusus baik dalam kota maupun luar kota. Jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata di Maroko pastikan transportasi yang di gunakan aman dan nyaman. 
Dari sekian banyak transportasi umum antar kota yang tersedia di Maroko. Ada sebuah perusahaan transportasi bus antar kota yang paling nyaman dan memiliki fasilitas komplit yaitu bus CTM (Compagnie de Transports au Maroc). 
Perusahaan transportasi ini memilki menejemen yang professional. Dengan menggunakan Bus CTM perjalanan Anda akan terasa lebih leluasa, aman, nyaman, bebas dari calo dan on time. 
Bus CTM memilki fasilitas lebih banyak di dibanding transportasi Bus umum lainnya yang berada di Maroko. Di setiap stasiun/terminal CTM terdapat loket penjualan tiket yang rapi di lengkapi dengan ruang tunggu yang luas, bersih dan terdapat askes internet (WF) gratis. Selain itu didalamnya juga terdapat Caffè, WC dan colokan listrik untuk mencharger HP. 
Ada dua jenis layanan yang ditawarkan, yaitu kelas ekonomi dan kelas premium. Bedanya kelas premium harganya lebih mahal sedikit (naik setengah harga dari kelas ekonomi) dengan tambahan fasilitas WF di dalam bus, kursinya lebih besar, mendapatkan snack, satu botol air mineral dan koran.
Bus CTM juga menyediakan layanan perjalanan tujuan Eropa yaitu Spanyol, jadi kita bisa ke Spanyol dari Maroko dengan mengggunakan bus CTM melewati jalur laut dengan menaiki kapal Ferry. 
Selain itu perusahan CTM juga melayani jasa pengiriman barang ke antar kota. Kantornya tersebar di berbagai kota Maroko dan sangat mudah di jumpai.
Untuk mengetahui terminal bus CTM terdekat sangat mudah, bisa di lihat di map melalui internet. Anda juga bisa melihat harga dan jadwal pembrangkatan dan kedatangan dengan membuka website resminya di ctm.ma.
Meski secara umum harganya lebih mahal sedikit di banding transportasi bus umum lainnya, namun masyarakat Maroko lebih memilih menggunakan bus CTM. Alasannya, disamping pelayanannya yang bagus dan memilki fasilitas komplit juga karena tepat waktu dan nyaman. 
Perusahaan transportasi CTM adalah milik pemerintah Kerajaan Maroko sejak tahun 1956 dan termasuk perusahan tertua di Maroko.
Bus CTM ini sangat recommend banget buat Anda yang sedang kebingungan mencari jenis transportasi yang ingin digunakan ketika berada di Maroko. Dari kota Casablanca ke kota Rabat hanya 30 Dirham atau 42. 600 rupiah.



No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...