Monday, September 11, 2017

Tram Way di Rabat, Transportasi Lokal Yang Wajib Kamu Coba


Sejak diresmikannya transportasi lokal Tram Way pada 23 Mei 2011, jumlah penumpangnya terus meningkat hingga sekarang. Transportasi ini menjadi andalan dan kebanggan masyarakat Maroko, memilki pelayanan yang baik dan harga yang terjangkau. 

Setelah lebih dari lima tahun beroperasi, jumlah pelanggan aktif per bulan telah meningkat menjadi 17.000, dimana 50% adalah para pelajar. Karena kepercayaan masyarakat Maroko yang tinggi terhadap pelayanan transportasi ini, Pemerintah Maroko menurunkan harga tiketnya dari 7 dirham (9.900 rupiah) sekarang menjadi 6 dirham (8.500). Pembayaran bisa menggunakan cash atau kartu elektronik.

Transportasi ini juga meneyediakan kartu langganan dengan masa berlaku ada yang satu bulan, tiga bulan, setengah tahun dan paling lama satu tahun. Kartu berlangganan bersifat pribadi dan tidak dapat dipindahtangankan. Keunggulan kartu langganan tersebut disamping harganya lebih murah, kita bisa menggunakannya kapan pun sampai masa berlakunya habis. Khusus bags para pelajar yang memiiki karate langganan mendapatkan harga spesial (lebih murah).


Rencananya pemerintah Maroko akan menambah dua jalur lagi yaitu jalur 3 dan jalur 4 (Line 3 dan Line 4) dan pada awal 2018. Hingga saat ini trasnportasi ini memiliki dua jalur yang bersebelahan yaitu jalur 1 dan jalur 2 (Line 1 dan Line 2) dengan total 31 statiun (pemberhentian).

Saat ini Tram Way baru di operasikan di dua kota wisata terbesar di Maroko, Casablanca dan Rabat. Sementara di Rabat menghubungkan dengan kota Sale. 

Untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kota Rabat dan Casablanca, para wisatawan bisa menggunakan trasportasi ini. Dengan membayar 6 dirham para wisatwan bisa mengelilingi kota Rabat atau Casablanca sepuasanya. Pengeluarannya juga lebih ngirit di bandingkan dengan menggunakan transportasi lokal lainnya, seperti taxi. 



No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...