Tuesday, January 23, 2018

Maroko Memilki Teknik Terbaik Cara Menghafal Al Quran


Penduduk muslim di Maroko dalam upaya menghafal surat Al quran ternyata memilki metode yang khas. Metode yang digunakan dengan cara menuliskan ayat-ayat al quran yang akan di hafal diatas Lauh (papan tulis) persegi. Papan tersebut tingginya berukuran sekitar 50 cm dan lebarnya 35 cm. Agar memudahkan dalam menulis ayat-ayat Alquran papan tersebut diberi beberapa garis.

Calon penghafal atau hafidz biasanya merupakan penduduk yang berada di sekitar lingkungan masjid. Namun ada juga madrasah (tempat belajar) yang menerima murid dari luar kota dan luar negeri. Seperti di Madrasah Ta’limul Atiq yang berada di kota Tanger ini.  Disini terdapat santriwati Indonesia yang tengah mengikuti kegitan menghafal al quran. Ruang belajarnya terbagi menjadi dua kelas, ada yang khusus untuk laki-laki dan perempuan.


Setiap ayat-ayat al quran yang hendak di hafal, para penghafal terlebih dahulu menulisnya diatas Lauh. Alat tulis yang digunakannya adalah sebuah pensil yang terbuat dari bambu dengan tinta khusus.


Sebagian penghafal menuliskan sebanyak 5 sampai 50 ayat tergantung tingkat kemampuan atau yang dinginkan. Setelah itu papan dipenuhi dengan ayat Alquran yang akan dihafalkan. Selanjutnya adalah tugas sang guru untuk meneliti dan memeriksa kemudian mengoreksi hasil tulisan para calon hafidz yang tengah menghafal. 


Sebelum menghafal para santri terlebih dahulu membaca tulisannya berulang-ulang dengan posisi badan dan pandangan menghadap ke papan tulis. Setelah selesai menghafal, tulisan tersebut di hapus dan di ganti dengan tulisan baru yang hendak di hafalkan.


Keisitimewaan menghafal dengan cara menulis di atas papan para santri bukan hanya pandai menghafal, tetapi mereka juga bisa menulis ayat-ayat al quran yang telah di hafal dengan teliti dan benar. Karena mereka terbiasa menyalin dari mushaf ke papan tulis.


Keistimewaan lainnya, konsentrasi para santri yang sedang menghafal akan tertuju pada satu papan yang ada di depannya. Lain halnya ketika dengan menggunakan mushaf, konsentrasi itu akan terbagi dengan halaman lain yang di lihatnya.


Kelebihan laiinnya adalah kesabaran yang terus di latih pada jiwa santri ketika menuliskan ayat demi ayat dari Alquran, yang sejatinya mereka mampu untuk menghafal secara langsung tanpa menulis terlebih dahulu.


Keistimewaan ini lah yang menjadikan para calon penghafal al quran dari luar Maroko tertarik untuk belajar menghafal al quran di Maroko. Karena Maroko memilki teknik terbaik dalam menghafal al quran.

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...