Saturday, February 17, 2018

Tips Sukses Kuliah di Maroko

Sebetulnya saya merasa tidak pantas untuk memberikan tips agar bisa sukses di belajar di Maroko karena saya sendiri sedikit bermasalah dengan kampus. 

Mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita ingin suskes dalam menuntut ilmu di ‘negeri seribu benteng’ ini. 

Pertama, usahakan tidak tinggal sekamar dengan orang Indonesia, carilah teman dari negara asing atau warga setempat supaya keseharian kita terbiasa dengan menggunakan bahasa Arab. Meski bahasa resmi Maroko adalah bahasa Arab, namun keseharian warganya lebih familiar menggunakan bahasa Perancis, tapi sangat disayangkan jika kesempatan itu tidak bisa kita gunakan dengan sebaik mungkin. Di sini kesempatan untuk bisa berbahasa Arab dan Perancis sangat besar, tapi jika tiap hari berteman dengan orang Indonesia maka sampai kapanpun tidak akan menguasainya.

Kedua, usahakan fokus dalam belajar, jangan malu bertanya atau takut salah, baik ketika berada di kampus atau di luar kampus. Justru dari kesalahan itu kita tahu letak kekurangan kita. 

Usahakan untuk tidak sering keluar kecuali kalau ada keperluan, mengingat ongkos taksi yang mahal, jadi kita harus bisa mengatur keuanganan kita sebaik mungkin. 

Mudahnya pengaksesan internet terkadang membuat kita lupa dengan dengan waktu dan tugas-tugas kampus. Inilah yang perlu kita waspadai, kalau kita ingin fokus belajar maka harus bisa mengurangi waktu untuk membuka internet. 

Terakhir, bagi kawan-kawan yang ingin kuliah di sini yang terpenting pelajari dan kuasai dulu bahasa Arab dan Perancis, insya Allah di kampus semuanya lancar dan bisa selesai tepat waktu. Mungkin ini yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Sekitar Meknes (Maroko)

A. Volubilis. Volubilis atau Oualili dalam sebutan Arab-Maroko, terletak 18km kea rah utara kota Meknes. Volubilis didirikan di at...